Inverter untuk mobil dari UPS bekas


Jika anda memiliki mobil dengan fasilitas multimedia dan membutuhkan sumber daya listrik AC dan bertegangan 220 Volt tentunya anda membutuhkan sebuah alat berupa sebuah inverter untuk menyalakan barang baik televisi, atau bahkan hanya sebuah charger untuk telpon genggam. tentu saja hal tersebut sangatlah mudah bagi anda yang memiliki uang lebih dan tidak berminat untuk mencoba sebuah hal baru.
Pada artikel kali ini saya mencoba mengajak anda untuk memanfaatkan barang bekas yang berada di sekitar anda dan barang itu adalah sebuah UPS bekas komputer desktop.Dalam hal ini UPS yang saya gunakan kondisinya adalah bekas dan sudah tidak terpakai, dan kondisinya hanya rusak pada baterai ( accu kering ), sehingga  sayang kan kalau di buang sia-sia saja. hehehehe… dan hal ini sudah saya lakukan dan praktekkan sendiri lho..
Sudah untuk basa-basinya, langsung saja kita ke pokok permasalahannya. buat anda yang belum tahu apa itu UPS maka saya akan mencoba sedikit menjelaskan apa itu UPS. UPS adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply, alat ini berguna untuk menyimpan arus listrik, sehingga ketika kita menggunakan sebuah komputer (yang menggunakan sebuah UPS) dan kemudian secara tiba-tiba listrik padam maka komputer yang kita pakai tidak secara langsung mati dikarenakan komputer tersebut arus listriknya masih di suplai oleh UPS.
Untuk tips kali ini dibutuhkan sedikit pemahaman tentang elektronika dan kelistrikan sehingga saya tidak menyarankan anda yang awam dan tidak mengerti sama sekali soal elektronika (RESIKO TANGGUNG SENDIRI) dalam hal ini UPS bekas yang saya gunakan adalah UPS yang menggunakan satu buah baterai kecil (12volt) sehingga pada nantinya kita tidak perlu melakukan banyak perubahan untuk melakukan tips ini.
Rangkaian Dalam UPS

Langkah-langkahnya lihat berikut ini…

  1. Bongkar chasingnya dengan melepas baut-baut murnya dengan obeng.
  2. Cek baterainya/aki keringnya, tandai kabel yang mengarah ke baterai, biasanya kabel merah untuk + dan hitam untuk – dan potong kabel-kabel tersebut.
  3. UPS punya saya ada tempat tersendiri untuk tempat baterai sehingga terlihat agak panjang casing box nya (40 cm) jadi saya potong saja sekitar 10 cm tempat baterainya itu, karena baterainya kan sudah tidak digunakan lagi.
  4. Perpanjang kabel yang mengarah pada baterai tadi (gunakan kabel yang warnanya sesuai) biar mudah mana yang + dan – nya (kalau perlu disolder kemudian diisolasi)
  5. Cek bagian pcb nya apakah sudah ada fuse/sekringnya, bila sudah ada makan tidak usah dipasangi sekring lagi, seperti punya saya ini. Kalau belum ada harus ditambah sekring demi keamanan.
  6. Tutup kembali casingnya biar rapi, kalau pengin terlihat lebih keren anda bisa ganti casing sesuai selera Anda.
  7. Sambungkan kabel yang sudah diperpanjang tadi pada masing-masing kutub aki sesuai dengan warnanya, saya pakai merah untuk + dan hitam untuk -. Kalau mau dicolokkan pada lighter rokok anda bisa beli colokannya di toko aksesoris.
  8. Jreng-jreng, inventer siap digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s