Aplikasi Daftar Nilai Kurikulum 2013


urikulum 2013 menurut saya yang kurang pengalaman adalah kurikulum “pemaksaan”. Namun jangan keburu negative thinking, karena maksud pemaksaan di sini adalah pemaksaan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi alias ICT. Bagi guru, yang selama ini masih menggunakan Notebook atau laptop hanya sebagai pengganti mesin ketik, dipaksa untuk memanfaatkannya sebagai alat bantu dalam pengolahan nilai. Sementara pemggunaan internet yang selama ini cuma untuk fesbukan, twetera, dan berbagai jenis jejaring komunikasi sosial lain, sekarang harus dipaksakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti membuat blog untuk tempat publikasi tugas dan materi ajar dan menjadikan email sebagai tempat para peserta didik mengirimkan tugas, baik itu berupa PR, laporan proyek, penilaian diri dan penilaian antar teman yang dalam Kurikulum 2013 menjadi sesuatu yang diharuskan.

Bagi siswa atau peserta didik juga demikian. Adanya penilaian kompetensi sikap dan ketrampilan memaksa mereka menggunakan Notebook atau gadget yang dimilikinya untuk kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran dan bukan sekedar untuk main game atau kegiatan-kegiatan lain yang justru akan mengurangi motivasi belajar mereka. Kesibukan mereka akan bergeser dari yang tidak bermakna ke arah kesibukan yang sangat bermakna dan dapat menunjang kegiatan belajar seperti membuat power point untuk presentasi tugas proyek, mengisi format penilaian diri dan format penilaian antar teman, mengedit video untuk laporan dan tugas yang diberikan guru dan lain sebagainya. Kesempatan mereka saat-saat menggunakan internet pun akan lebih bermakna positif daripada sekedar buka fesbuk, twetwran, Line, WA pan, karena mereka harus mengirim lembar penilaian diri dan penilaian antar teman ke email masing-masing guru pengajar, mengupload video laporan kegiatan proyek, mngerjakan PR atau latihan soal yang diberikan guru dalam blog dan lain-lain.

Walhasil, bagaimanapun nasib Kurikulum 2013 ini selanjutnya, dalam hal upaya “memaksa” pendidik dan peserta didik untuk “melek teknologi” dan sekaligus mengurangi dampak negatifnya terutama teknologi informasi dan komunikasi menurut saya sangatlah mendukung. Tapi, saya cuma seorang guru yang “manut” saja apa kata Pa Mentri. Mau lanjut hayo, mau ganti kurikulum lagi ya monggo.

Sekedar iseng saja, saya sertakan dalam tulisan ini “Aplikasi Daftar Nilai” dan “Aplikasi Pengolahan Nilai Rapot” bagi para teman guru yang masih mencari-cari alias bingung. Entah mau dipakai sebagai rujukan di sekolah masing-masing atau sekedar digunakan secara pribadi juga ora opo-opo. Yang pasti, bagi yang punya semangat belajar, kedua aplikasi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menggunakan salah satu aplikasi office, yaitu Excel dalam mengolah nilai dan membuat analisis item tes.

Semoga dan semoga….

Yang berminat silahkan download di sini.

1. Aplikasi Raport SMP V.05.14

2. Aplikasi Daftar Nilai Plus 5UH K13 SMP MTs V 08.14.50

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s