Program Pembuatan Jadwal Pelajaran dan Pengolahan LHBS


Menyusun jadwal pelajaran  adalah pekerjaan rutin yang boleh dibilang “membosankan” tapi tetap harus dilakukan oleh guru yang mendapatkan jabatan tambahan sebagai staf bidang kurikulum. Keterlambatan apalagi “kekacauan” dalam penyusunan jadwal pelajaran akan berdampak pada kelancaran proses belajar mengajar.  Untuk sekolah yang jumlah rombongan belajarnya sedikit, mungkin penyusunan jadwal pelajaran secara manual menggunakan Excel atau bahkan cara tradisional menggunakan “kartu nama” masih bisa digunakan. Tapi untuk sekolah yang rombongan belajarnya banyak ( lebih dari 15 kelas ) tentu saja cara seperti itu di samping kurang efisien juga sering membuat pusing tujuh keliling para penyusunnya.

Banyak program aplilkasi yang dapat meringankan tugas para penyusun jadwal dalam hal ini para guru yang mendapat tambahan tugas sebagai staf bidang kurikulum, salah satunya adalah “aSC Time Tables”. Memang tidak gampang dan membutuhkan kerja sama tim pada tahap awal penggunaan program aplikasi ini. Namun  untuk tahun-tahun berikutnya jadwal pelajaran yang telah disusun dengan aplikasi ini tinggal diedit saja sesuai dengan kebutuhan dan perubahan pembagian tugas yang ada di sekolah.

Bagi yang mau mencoba, program aplikasi penyusunan jadwal pelajaran menggunakan “aSC Time Tables”  dan tutorialnya dapat diunduh di sini. “aSC Time Tables”  dan tutorialnya

Seperti halnya Jadwal Pelajaran, penulisan LHBS ( Laporan Hasil Belajar Siswa ) atau yang lebih lumrah disebut “Raport” bagi wali kelas dan Analisis Ulangan Harian bagi para guru yang tidak mendapatkan tugas tambahan lain selain mengajar juga bisa dipermudah dengan menggunakan program aplikasi Excel. Untuk yang sudah “mahir” atau paling tidak yang “setengah mahir” bisa mencoba membuat sendiri dengan menerapkan formula “if”, “hlookup”, dan “vlookup”. Yang ingin mencoba membuat sendiri tapi tidak punya cukup waktu bisa download Format Rapot Sementara dan Format Analisis Ulangan Harian dan tinggal pakai saja sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat dan bisa meringankan beban yang bisa diringinkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s