Tips: Modding Tablet IMO X3 Mirip HoneyComb


Sumber: http://www.tabloidpulsa.co.id/

Gempuran tablet Android yang bertubi-tubi dan animo masyarakat yang lumayan tinggi, nampaknya menginspirasi para vendor lokal untuk berlomba-lomba menggelontorkan produk sejenis ke pasaran. Dan menariknya lagi, tablet Android lokal ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satunya adalah IMO X3 yang dijual dengan harga kurang dari 800 ribuan.

Sistem operasi yang ditanamkan ke tablet Android ini pun terbilang lumayan updated, yakni versi 2.2 Froyo. Sayang, masih ada beberapa kendala yang akan dijumpai pada tablet jenis ini. Misalnya, OS-nya masih berupa versi ripped, alias sudah dipangkas fitur standarnya. Tak ada android market (diganti dengan AppMarket), tidak mendukung “Live Wallpaper”, konsumsi baterai yang boros, dan fungsi Modem (default) yang sangat sulit untuk terkoneksi dengan Modem USB Stick, meskipun sudah menggunakan tipe yang tertera di daftar ‘kompatibilitas Modem’.

Keterbatasan-keterbatasan ini sebenarnya masih bias diminimalisir, tapi tentunya dengan melakukan trik khusus. Yakni menggunakan metode rooted/unlock atau di-upgrade, istilah kerennya di-modding alias modifikasi. Yang jadi pertanyaan, bagian mana yang harus di-modding? Nah…Karena proses ini terkait sistem, jadi yang akan di-modding adalah ROM (Read Only Memory).

Sebagai OS terbuka, tentu saja banyak pihak yang melakukan modifikasi dan menawarkan ROM custom Android. Peruntukannya pun tak hanya untuk ponsel saja, Custom ROM untuk Tablet Android pun banyak ditawarkan para modifikator. Seperti untuk IMO X3 atau Wonder Media WM8650 ini.

Berikut ini ritual modifikasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi keterbatasan dari IMO X3:
Dengan menggunakan ROM modding “Universal Uberoid WM8650 1.5.3 HoneyCombMOD v9” dengan file ROM yang bisa didownload dari http://techknow.freeforums.org/uberoid-wm8650-1-5-1-hybrid-honeycombmod-v7-1-t1010.html. Hasilnya, X3 Anda akan lebih ‘segar’ dengan tampilan mirip tablet Galaxy Tab 10.1 yang berbasis Honeycomb. Ingat, disamping mendapatkan hasil yang oke, resiko modding adalah tanggung jawab modder sendiri.

Proses instalasi ROM:

1. Sisipkan kartu microSD ke PC/Laptop. Bisa menggunakan card reader atau port khusus yang ada di PC/Laptop.
2. Format kartu microSD menggunakan sistem FAT32.
3. Cari tahu tipe/model Tablet Android IMO X3 Anda (misalnya VIA WM8650/M009s/M003s/M012s/etc.). Buat spesifikasi lengkapnya, bisa melihat di link berikut http://techknow.freeforums.org/how-to-identify-my-tablet-noobies-read-this-first-t673.html
4. Ekstrak/Unzip file ROM Universal Uberoid WM8650 1.5.3 HoneyCombMOD v9 yang telah didownload ke folder PC/Laptop.
5. Jalankan file “CHANGER.EXE” yang ada di folder hasil ekstrak ROM modding.

6. Masukan nomor kode dari tipe/model Tablet Android Anda di kotak dialog bagian bawah. Selanjutnya tekan “Enter”. Misalnya, Anda pilih ROM dari tipe M009s Blue LED 7″, di kotak dialog tersebut ketik angka 2 lalu Enter.

Catatan: Untuk trik yang PULSA lakukan di IMO X3 adalah menggunakan opsi 2. Namun, di beberapa kasus ada yang menggunakan opsi 8 untuk menanggulangi tidak berfungsinya touchscreen.

7. CHANGER.EXE akan menampilkan notifikasi untuk menyimpan ROM modifikasi ke microSD, pilih ‘Y’ selanjutnya tekan Enter. Proses modifikasi dan copy ROM ke microSD akan berlangsung secara otomatis.

8. Setelah sukses ter-copy ke microSD, cabut kartu memori tersebut
9. Matikan Tablet Android IMO X3
10. Masukan kartu microSD ke slot yang tersedia.
11. Hidupkan Tablet Android IMO X3

Catatan: Pastikan, setelah berhasil memodifikasi IMO X3 Anda, hapus file yang ada di kartu microSD tadi (format ulang kartu microSD) jika ingin digunakan untuk penyimpanan file. (berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s