Tunjangan Guru DKI Dikaji Lagi


Sumber: http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=67971

JAKARTA – Tunjangan kerja daerah (TKD) guru yang semula berlaku sama yakni sebesar Rp2,9 juta, kini tengah dikaji kembali. Nantinya pemberlakuan tunjangan itu akan disesuaikan dengan pangkat dan golongan. Kebijakan tersebut sudah diterapkan bagi pegawai negeri sipil (PNS) non guru.

Namun bagi TKD yang sudah diterima sebelumnya tidak akan ditambahkan pada pembayaran setelah diberlakukan kebijakan yang baru. “Tidak ada anggarannya kalau harus membayar rapel selisih TKD selama tahun 2010. Karena bukan hanya guru tapi widyaiswara yang golongannya tinggi sampai IV/c, ini juga akan disesuaikan,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Noor Syamsu Hidayat, kemarin.

Proses penyesuaian TKD ini tengah dilakukan penghitungan. Sehingga dapat ditetapkan besarnya jumlah yang harus diterima oleh guru sesuai golongannya. Misalkan golongan IV/a, maka TKD-nya sekitar Rp 4,2 juta. Jumlah guru mencapai 41.189 orang. Yakni 37.854 guru PNS dan 3.335 guru calon PNS.

“TKD guru semula berlaku secara merata, yakni Rp 2,9 juta. Penyesuaian dengan golongan, butuh anggaran tidak sedikit. Sekitar Rp 2 triliun per tahun. Ini yang sedang dihitung,” ungkap Noor Syamsu. Para staf tata usaha di sekolah juga menjadi bagian dalam penghitungan TKD itu.

TKD guru yang disesuaikan itu akan berlaku secara paten pada tahun 2011. Namun akan diujicoba terlebih dahulu pada bulan Desember 2010. “Sebulan dicoba dengan perubahan nilai TKD berdasarkan pangkat dan golongan. Kalau berhasil, mulai diberlakukan Januari 2011,” tuturnya.

Penyesuaian terhadap besaran TKD para guru itu, menurut Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Igo Ilham merupakan hal yang positif. Setidaknya, TKD tidak menimbulkan kesenjangan bagi guru yang memiliki golongan berbeda. “Prinsipnya revisi kebijakan menuju kondisi yang lebih fair atau adil adalah hal yang positif,” tuturnya.

Menurut polisitisi asal PKS itu, penyesuaian TKD para guru pastinya akan bisa dilaksanakan secepatnya bila diiringi dengan kesiapan administrasi oleh instansi terkait. “Anggaran sudah direvisi, maka bisa,” tukasnya

2 Responses to Tunjangan Guru DKI Dikaji Lagi

  1. Yusup Gemar Ngecex says:

    Anak jalalan

  2. nuryadi says:

    kapan perubahannya !! sudah bulan april 2011 belum terima juga !! Kapaaaaaaannnnnnnn ?????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s