Mengenal Bahasa Pemrograman Python


Ok  sebelum saya share Teknik pemrograman python lebih baik kita mengenal dulu apa itu python… saya jg sambil belajar kok … soalnya bahasa pemrograman python termasuk bahasa tingkat tinggi pemrograman… menurut saya masih asing nih pemrograman python ,,biasanya saya belajar pemrograman Visual Basic, C++, sama Pascal… bahasa yg sederhana n mudah dipahami !!! skrang udah bosen mempelajari itu…pengen tau bahasa python penasaran sih…

Langsung aja deh ke Topik utama !

Mendengar namanya saja kita bisa dibuat takut untuk mengenalnya. Tetapi Python yang satu ini merupakan sahabat bagi yang cinta dengan pemrograman. Nah sebenarnya apa itu Python ? Python adalah sebuah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X, Amiga, Palm, Symbian dll. Python ini dapat didistribusikan secara bebas, artinya bahwa penggunakan python dapat digunakan untuk keperluan komersial.

Seperti halnya bahasa pemrograman dinamis, python seringkali digunakan sebagai bahasa skrip dengan interpreter yang teintergrasi dalam sistem operasi. Saat ini kode python dapat dijalankan pada sistem berbasis :

* Linux/Unix
* Windows
* Mac OS X
* Java Virtual Machine
* OS/2
* Amiga
* Palm
* Symbian OS ( untuk produk-produk Nokia)

Sejarah Python

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terakhir yang dikeluarkan CWI adalah 1.2.

Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. Tahun 2000, Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen.com yang merupakan sebuah perusahaan komersial dan membentuk BeOpen PythonLabs. Python 2.0 dikeluarkan oleh BeOpen. Setelah mengeluarkan Python 2.0, Guido dan beberapa anggota tim PythonLabs pindah ke DigitalCreations.

Saat ini pengembangan Python terus dilakukan oleh sekumpulan pemrogram yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Python Software Foundation adalah sebuah organisasi non-profit yang dibentuk sebagai pemegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1 dan dengan demikian mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. Saat ini distribusi Python sudah mencapai versi 2.6.1 dan versi 3.0.

Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa ciptaannya karena kecintaan guido pada acara televisi Monty Python’s Flying Circus. Oleh karena itu seringkali ungkapan-ungkapan khas dari acara tersebut seringkali muncul dalam korespondensi antar pengguna Python.

Tertarik ?? silahkan download disini http://www.python.org/download/

Kalo Buat Symbian Pythonnya Yg ini download disini :

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=…postcount=9584

About merillaifan
Secret Person !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s