Capture Dan Edit Video Menggunakan Ulead Video Studio 9 / 10


Banyak program editor video yang bisa kita pakai, contohnya, Ulead VideoStudio, Adobe Premier, Pinnacle Studio, Vegas 4 dan masih banyak lainnya. Dalam kesempatan ini akan coba dibahas bagaimana menggukan “Ulead Video Studio” untuk  membuat “Video Klip Lagu”

Mengenal Tampilan Ulead VideoStudio


Menu Toolbar, Terdiri dari File Menu, Edit Menu, Clip Menu, dan Tool Menu . Menu-menu standar seperti Open Projeck, Save Projeck, dan Copy Paste ada di toolbar ini.

Steep Toolbar/ Panel, Terdiri dari 7 step atau langkah untuk mengcaptur dari camera, mengedit, membakar dalam bentuk  CD/ DVD.

Navigation Toolbar, Tombol-tombol yang digunakan untuk memainkan file movie yang sedang diedit. Sebeleum memainkannya, pilih dulu Play Mode, yang akan dimainkan apakah klip atau seluruh video.

Galery, Tumbnail dari file movie, video, effeck, atau image yang sudah diupload ke galery. Isi galery dinamis mengikuti panel toolbar yang sedang aktif.

Option, Panel yang berisi option untuk merubah setting film atau effeck.  Option bersifat dinamis tergantung panel apa atau step apa yang sedang aktif. Untuk mengeluarkan option dari sebuah objeck, aktifkan objeck tersebut atau diseleksi.

Cut Clip, Tombol Mark-in, Mark-out, Cut untuk menandai awal, akhir, membesarkan dan memotong klip.

Overlay Track Manager, Panel untuk memainkan movie di atas movie yang lain,  fungsinya jika kita ingin menampilkan dua buah movie klip secara bersamaan. Untuk mengaktifkan overlay harus dalam bentuk timeline view.

Storyboard Mode, Digunakan untuk memasukan video/ klip dan menyusunnya.

Audio View, Panel untuk mengedit audio seperti  memotong, membuat fade in/out,  mengatur volume dan sebagainya.

Menggunakan Ulead Video Studio.

Secara garis besar ada 7 langkah dalam menggunakan Ulead VideoStudio, di mana tiap langkah mewakili dari tiap tombol yaitu:

1.  Capture Step

Untuk memulai proyek mengedit video, langkah pertam adalah mengcapture video atau memindahkan video dari tape/cassete kedalam bentuk digital. Klik pada tombol capture.

Maka akan muncul 4 pilihan seperti tampilan berikut  ini.

Capture Video, Pilihan option ini untuk mengcapture langsung dari handycam dengan catatan koneksi handycam dengan komputer/ laptop sudah terpasang.

DV Quick Scan, Pilihan option ini untuk memasukkan movie/ gambar secara langsung dengan menggunakan handycam.

Import from DVD/DVD-VR, Untuk mengimpor dari keping DVD.

Impotr from Mobile Device, Untuk mengambil file dari media card, bisa dari flashdisk, camera pocket, atau bahkan dari handphone.

 

Pilih Capture Video, maka akan muncul tampilan berikut.

Duration : Lama capture yang sudah kita lakukan

Source : Sumber alat, apakah dari handycam atau dari alat lain.

Format : Format file hasil capture yang kita lakukan. Untuk mebuat film vcd kita bisa pilih format vcd atau mpeg1 untuk membuat file dvd kita bisa memilih format dvd atau mpeg2.

Capture folder : folder tempat file movie hasil capture berada, pilih folder di drive yang masih banyak space kosongnya.

(Bersambung: Mau Absen dulu …. )

 

 

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s